5 Makanan yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

Saat ini hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang menghantui seluruh dunia. Hipertensi juga menjadi faktor risiko paling besar untuk penyakit jantung, gejala stroke, dan gagal ginjal. Maka pasien hipertensi atau pre hipertensi wajib menjaga asupannya.

Orang yang menderita tekanan darah tinggi diminta untuk memperhatikan asupan makan. Ini dilakukan guna memastikan tingkat tekanan darah normal mereka terkendali. Menurut sebuah studi terbaru, memotong asupan natrium dan menghilangkan trans-lemak dari makanan dapat mencegah 94 juta kematian dini akibat penyakit kardiovaskular (CVD).

Untuk menganalisis hasilnya, para peneliti menggunakan data global dari berbagai penelitian dan perkiraan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Temuan itu mengungkapkan bahwa meningkatkan pengobatan tekanan darah tinggi hingga 70 persen dari populasi dunia dapat memperpanjang usia 39,4 juta orang. Lalu dengan membatasi asupan natrium sebesar 30 persen dapat mencegah 40 juta kematian akibat darah tinggi.

Maka menggabungkan 3 cara yakni rutin minum obat hipertensi, menghindari makanan trans lemak, dan mengurangi natrium akan menjadi cara efektif. Selain mengurangi natrium, pasien tekanan darah tinggi juga harus memasukkan kalium dalam makanan mereka.

Kalium berperan penting dalam menetralisir efek buruk natrium. Selain itu, bisa membantu mengeluarkan natrium dari urin.

Untuk itu, ada beberapa makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mengatur tekanan darah dan baik bagi pasien hipertensi. Apa saja?

Pisang

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (12/6), makan pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker dan asma. Pisang dipercaya mengandung potasium yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan. Pisang kaya akan kalium dan serat. Pisang dapat membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah pencernaan.

Bayam

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli terdiri dari antioksidan dan magnesium, yang bisa menurunkan potensi risiko hipertensi diabetes. Selanjutnya, kehadiran polifenol dan vitamin C menambah manfaatnya.

Berry

Buah berries selain baik untuk pasien hipertensi, seperti blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry adalah buah lezat yang memiliki pemanis alami dan bisa mengatur kadar gula darah.

Alpukat

Alpukat mampu menghalau lemak jahat bahaya bagi jantung. Namun faktanya, lemak tetap sangat penting dan diperlukan untuk kesehatan. Dan alpukat mengandung lemak baik untuk itu.

Oat

Biji-bijian seperti beras merah, gandum, oat, quinoa, beras liar, jagung, gandum hitam, jagung, mengandung serat dalam jumlah tinggi. Mengandung antioksidan dan mineral seperti seng, tembaga, magnesium, dan besi yang baik untuk pasien hipertensi.

Itu tadi beberapa makanan yang terbukti aman untuk penderita hipertensi. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, hal lain yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir risiko adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Saat pandemi tidak ingin ketemu agen asuransi? Tenang saat ini ada layanan asuransi yang 100% digital, yakni Super You by Sequis Online. Di platform ini kamu dapat membeli beragam produk asuransi kesehatan dan jiwa #dirumahaja. Prosesnya mudah, klaimnya pun sangat mudah. Untuk detail informasi dapat mengunjungi websitenya di halaman SuperYou.co.id

Semoga bermanfaat 😊

Similar Posts