5 Manfaat Luar Biasa dari Susu Bayi

Setelah beberapa waktu menggantungkan kebutuhan nutrisinya pada ASI, bayi harus beradaptasi untuk mengonsumsi sumber nutrisi lainnya. Hal ini karena ASI tidak bisa tersedia setiap waktu. Oleh karena itu, diperlukan sumber nutrisi yang mirip dengan ASI namun tanpa harus berasal dari ibu, yakni susu bayi formula. Banyak sekali susu formula yang sudah dilengkapi dengan berbagai gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Manfaat Susu Formula Bayi

  1. Melatih bayi mencerna makanan yang lebih berat

Terlalu lama memberikan ASI kepada bayi akan membuatnya sulit untuk mencerna makanan lainnya. Hal ini disebabkan ASI adalah makanan yang alami sehingga sangat mudah bagi sistem pencernaan untuk memprosesnya. Berbeda dengan susu formula. Walaupun sama-sama berbentuk cair, namun untuk memproses susu formula sedikit lebih rumit. Ini juga berfungsi sebagai jembatan bayi untuk ke fase mengonsumsi MPASI.

  1. Meringankan beban ibu

Tidak semua ibu memiliki waktu luang untuk terus mengurusi anaknya. Kasus ini biasanya terjadi pada wanita karier yang mungkin hanya diberi beberapa hari saja untuk libur hamil dan melahirkan. Setelah itu, ia harus kembali kepada tugasnya. Dengan memberikan susu formula, ibu tidak harus selalu memberikan ASI ketika menitipkan anak kepada ayah atau babysitter.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah memahami gejala alergi susu sapi yang kerap terjadi pada bayi. Pastikan bayi tidak memiliki alergi pada susu sapi. Jika iya, pilih susu formula dengan bahan lain seperti kedelai. Setelah memastikan bahwa susu formula yang diberikan memang aman untuk anak, ibu bisa meminta tolong orang lain untuk merawatnya.

  1. Merangsang perkembangan otak

Susu formula yang sudah didesain khusus untuk bayi mempunyai kandungan gizi seperti EPA, omega 3, omega 6, dan DHA yang sangat baik bagi perkembangan otak. Gizi tersebut dapat membantu sel dan jaringan otak untuk saling menyambung sehingga akan meningkatkan kecerdasan anak. Perkembangan otak yang baik sejak dini sangat penting untuk proses belajar ketika usianya lebih dewasa.

  1. Baik untuk sistem pencernaan bayi

Selain kandungan di atas, susu formula bayi biasanya juga memiliki kandungan FOS dan GOS. Dua zat ini memiliki fungsi membantu kesehatan sistem pencernaan anak. Di dalam FOS dan GOS terdapat sejumlah bakteri baik yang akan melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, bakteri baik ini juga akan membantu melawan bakteri jahat yang terdapat di organ pencernaan anak.

  1. Membiasakan interaksi dengan orang lain

Ketika bayi hanya diberi ASI, maka di benak bayi hanya ibu yang peduli dengannya. Dengan susu formula yang fleksibel diberikan oleh siapa saja, bayi bisa berinteraksi dengan orang lain seperti ayah, kakak, nenek, bibi, dan anggota keluarga yang lain. Secara tidak langsung, bayi akan merasa bahwa tidak hanya ibu saja yang melimpahkan kasih sayang kepadanya.

Jadi, itulah beberapa manfaat dari susu formula untuk bayi. Untuk membeli beraneka pilihan susu yang tepat, Anda bisa mencari di Orami. Selain susu bayi, Anda juga bisa membeli kebutuhan bayi lainnya seperti mainan, pakaian, dan lain-lain. Lebih lengkapnya, silakan kunjungi www.orami.co.id.

Similar Posts