Apa Saja Gejala Flu Tulang dan Cara Mengatasinya

Tahukah anda bahwa flu tulang merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian manusia. Karena menyerang persendian, bahaya utama dari penyakit ini adalah kekumpuhan total yang bisa terjadi pada tubuh. Gejala flu tulang banyak sekali, bisa dimulai dengan rasa nyeri pada tulang atau sendi, sampai demam tinggi. Inilah mengapa penyakit ini bisa disebut dengan flu tulang, karena gejalanya yang sangat mirip dengan penyakit flu pada umumnya. Maka dari itu pada dasarnya dalam istilah medis tidak ada penyakit yang namanya flu tulang, dalam istilah kedokteran penyakit ini biasa disebut dengan chikungunya.

Biasanya chikungunya disebabkan oleh penyebaran virus yang masuk ke tubuh manusia. Virus yang dimaksud adalah Parvovirus B19 yang menyerang melalui gigitan nyamuk ganas yaitu Aedes albopictus dan nyamuk Aedes aegypti. Dimana nyamuk-nyamuk ini sangat terbiasa untuk memangsa darah buruannya pada siang, pagi, dan juga sore hari. Inilah mengapa, biasanya kita sangat tidak dianjurkan untuk melakukan aktifitas tidur pada waktu pagi dan sore hari. Karena ternyata pada waktu-waktu tersebutlah nyamuk-nyamuk ini bergerak dengan sangat aktif. Biasanya gejala flu tulang ini akan mulai dirasakan oleh penderitanya 3-7 hari setelah mereka terkena gigitan nyamuk berbahaya ini. Kemudian virus yang ditanamkan ditubuh mangsanya akan milai menyebar ke dalam tulang dan bersarang di dalamnya selama 5-7 hari dan membuat penderitanya semakin lemah karena demam yang tak kunjung sembuh.

Adapun pada umumnya, penderita flu tulang atau chikungunya ini tidak akan menyadari sebelumnya bahwa mereka telah terkena gigitan nyamuk berbahaya. Namun ketika demam yang mereka rasa tidak kunjung reda, bahkan sampai 3 hari. Virus akan mulai menyerang pada malam hari secara mendadak. Dan biasanya, penderita akan mulai kesusahan untuk bangun dari tidurnya. Mereka akan merasakan sakit pada bagian tulang ataupun nyeri yang amat sakit pada persendian mereka. Dan biasanya bagian sendi yang paling sering diserang oleh penyakit ini adalah kaki, tangan, dan juga punggung. Rasa nyeri yang dirasakanpun lama-kelamaan akan membuat penderitanya susah untuk menggerakan badan karena tubuh yang semakin lemah dan tak berdaya. Bahkan lebih parahnya lagi, jika sudah memasuki fase yang semakin parah. Biasanya penderita akan merasakan kesakitan bahkan ketika tubuh mereka disentuh oleh orang lain di sekitarnya.

Selain gejala yang dirasakan dari dalam tubuh, penderita penyakit flu tulang biasanya akan mendapatkan gejala luar yang menyerang kulit. Tubuh penderita flu tulang biasanya akan memunculkan beberapa ruam pada bagian tangan ataupun kaki. Dimana lebih tepatnya ruam akan muncul pada bagian-bagian tubuh yang merasakan sakit. Namun kemunculan ruam yang ada pada tubuh penderita tidak semua mengalaminya. Hanya beberapa penderita saja yang akan mendapatkan gejala semacam ini. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Bagi anda yang terserang gejala flu tulang, ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan agar tubuh tidak merasakan sakit yang berkepanjangan. Pertama-tama jangan terlalu sering menggerakan tubuh, terutama ketika anda sudah merasakan sakit pada bagian-bagian persendian. Kalau bisa berbaringlah di tempat tidur tanpa melupakan konsumsi air mineral guna mencegah dehidrasi berlebihan pada tubuh. Kemudian kalau bisa, konsumsilah makanan-makanan yang lembut agar tubuh tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup. Jika gejala yang anda rasakan tidak kunjung berkurang, ada baiknya jika anda segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mencegah gejala flu tulang semakin parah.

Sumber :

www.doktersehat.com

www.honestdocs.id

Similar Posts