Cara Mencegah Kehamilan dengan Kontrasepsi, Amankah?

Alat kontrasepsi memang menjadi andalah bagi banyak pasangan suami istri, untuk mencegah terjadinya kehamilan. Harga terjangkau, mudah didapatkan, mudah digunakan, dan terbilang ampuh menjadi alasan penggunaan alat kontrasepsi. Namun, apakah cara mencegah kehamilan ini sudah pasti aman dan tak menimbulkan efek samping bagi yang menggunakannya?

  1. Memicu Munculnya Flek Hingga Pendarahan Kecil

Pemakaian alat kontrasepsi seperti pil dan suntik KB, bisa menyebabkan Anda mengalami flek. Hal ini dikarenakan kedua alat kontrasepsi ini menambah kadar hormon progesteron, sehingga keseimbangan hormon dalam tubuh menjadi terganggu. Selain itu, flek yang timbul juga bisa disebabkan karena rahim beradaptasi dengan penipisan garis endometrialnya.

  1. Sakit Kepala dan Nyeri Payudara Datang Secara Bersamaan

Penggunaan alat kontrasepsi bisa mengakibatkan Anda mengalami sakit kepala, migrain, dan disertai dengan rasa nyeri pada payudara. Sakit dan nyeri akan hilang dengan sendirinya, setelah tubuh beradaptasi dengan perubahan yang disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi. Namun, bila gejala ini masih muncul setelah berbulan-bulan lamanya, segeralah menghubungi dokter.

  1. Berat Badan Anda Menjadi Meningkat

Banyak wanita yang mengeluh berat badan mereka naik setelah menggunakan alat kontrasepsi, terutama sekali dalam bentuk pil. Beberapa penelitian terkait hal ini menemukan adanya kenaikan berat badan sekitar 2 kilogram, setelah pemakaian alat kontrasepsi yang mengandung hormon progesteron. Penumpukan cairan juga mungkin terjadi pada bagian pinggul dan payudara.

  1. Flek Hitam Mulai Bermunculan di Wajah Anda

Cara mencegah kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi hormonal bisa mengakibatkan munculnya flek hitam pada wajah, Hormon dalam tubuh yang tidak seimbang, memicu produksi pigmen kulit yang berlebih dan membuat melanin tersebut menumpuk di bagian wajah. Alhasil, flek-flek hitam pun tumbuh dengan subur di bagian wajah Anda.

  1. Suasana Hati Anda Menjadi Tidak Stabil dan Cenderung Sensitif

Alat kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan perubahan drastis pada suasana hati penggunanya, dalam hal ini adalah para wanita. Dosis hormon progesteron dan estrogen yang tinggi, membuat hormon dalam tubuh menjadi tak seimbang. Akibatnya, wanita yang menggunakan alat kontrasepsi menjadi lebih sensitif dan emosinya menjadi turun naik.

  1. Menimbulkan Rasa Mual

Mual hingga muntah yang mungkin Anda alami setelah pemakaian alat kontrasepsi, bukan merupakan pertanda bahwa alat kontrasepsi Anda gagal bekerja. Rasa mual yang muncul tersebut bukanlah gejala kehamilan, melainkan respons tubuh pada penggunaan alat kontrasepsi. Rasa mual yang timbul biasanya akan hilang dengan sendirinya, setelah menggunakannya secara rutin.

Menggunakan alat kontrasepsi sebagai cara mencegah kehamilan ternyata bisa menimbulkan efek samping. Jika efek yang ditimbulkan terjadi dalam waktu lama, sebaiknya Anda berinisiatif untuk menggantinya. Konsultasi dengan ahli kesehatan, yang bisa Anda lakukan di orami.co.id, juga akan membantu Anda untuk menentukan jenis alat kontrasepsi yang tepat.