Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Anak sangat rentan akan bahaya penyakit yang menyerang. Tubuh anak yang masih lemah menjadi faktor mengapa sistem imun anak harus ditingkatkan. Sistem imun merupakan suatu sistem yang melindungi anak dari ancaman berbagai penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Anak yang aktif seringkali tidak bisa memperhatikan lingkungan mana yang sehat dan lingkungan mana yang kurang sehat. Untuk itulah diperlukan peran orangtua khususnya para Bunda untuk membentengi tubuh anak dari berbagai penyakit. Berbagai cara bisa dilakukan salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi pada anak.

Berikan ASI eksklusif untuk anak

Cara pertama dan paling penting untuk melindungi anak dari bahaya penyakit adalah dengan memberikan ASI ekslusif ketika anak usia 0-6 bulan. Pada usia ini anak sangat rentan sehingga diperlukan ASI dari ibunya. Pada usia ini anak juga belum diperbolehkan untuk mengkonsumsi apapun kecuali ASI. Dengan kandungan gizi yang lengkap pada ASI diharapkan mampu membentuk sistem kekebalan tubuh anak.

Perhatikan lingkungan anak bermain

Anak yang sudah bisa berjalan cenderung akan aktif untuk bermain di luar rumah. Untuk itu pastikan anak bermain di lingkungan yang aman. Bermain kotor-kotoran bukan berarti tidak sehat untuk anak namun, justru sistem kekebalan tubuh anak akan berkembang pesat ketika anak berani bermain di tempat kotor. Ini dikarenakan selain untuk mengenalkan anak pada lingkungan bermain yang seharusnya, anak yang bermain di tempat kotor sel tubuhnya cenderung mampu untuk memerangi infeksi.

Perbanyak ketawa

Ketawa mungkin merupakan hal yang sepele namun sangat penting untuk sistem imun anak. Pastikan anak selalu dalam keadaan ceria agar produksi sel imunnya juga meningkat. Selain baik untuk sistem kekebalan tubuh, nyatanya dengan membuat anak ceria terus sangat baik bagi kondisi kejiwaan anak.

Berikan istirahat yang cukup pada anak

Sebuah riset menyatakan bahwa salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh khususnya pada anak dengan memberikannya istirahat yang cukup. Kebutuhan istirahat atau tidur untuk anak cenderung lebih lama yakni sekitar 10 jam perhari ketimbang orang dewasa yang sekitar 8 jam perhari.

Kurangi pemberian antibiotik pada anak

Entah karena kekhawatiran orangtua yang berlebih atau apa, ketika anak sakit meski sakitnya ringan orangtua selalu memberikan antibiotik pada anak. Untuk sesekali memang tidak masalah namun jika pemberian antibiotik ini terus-menerus dengan jangka waktu yang lama maka justru ini akan merusak sekaligus melemahkan sistem kekebalan tubuh anak.

Hindari polusi udara yang kotor

Pastikan Anda sebagai orangtua menghindarkan anak dari bahaya polusi udara yang kotor seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor dan asap berbahaya lainnya. Asap ini diketahui mengandung gas berbahaya yang membuat anak menjadi sakit.

Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi

Beberapa cara sebelumnya tidak akan efektif tatkala tidak dibarengi dengan konsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi. Pemberian nutrisi yang cukup mampu membuat sistem imun anak lebih meningkat sehingga anak pun tidak akan mudah jatuh sakit.

Selain cara yang telah disebutkan kiranya penting anak untuk mendapatkan nutrisi tambahan berupa susu formula yang mana sebagian gizi pada susu formula tidak bisa didapatkan dengan mudah pada makanan dan minuman sehari-hari. Morinaga Chil Kid Platinum hadir sebagai solusi susu formula yang baik untuk anak khususnya usia 1-3 tahun.

Dimasa ini sistem pertahanan tubuh anak sangat rentan sehingga sangat pas apabila anak diberikan nutrisi seperti kalsium, Beta palmiat, Alfa Laktalbumin dan nutrisi lainnya yang terdapat pada susu Morinaga Chil Kid Platinum. Morinaga Chil Kid Platinum ini hadir dengan 2 varian rasa yakni rasa vanilla dan madu dijamin anak akan suka.

Similar Posts