Jangan Asal Beli, Kenali 4 Jenis Makanan Kucing Berikut Ini

Perlu diketahui, bahwa jenis makanan kucing tersedia dalam berbagai bentuk dan juga varian rasa sesuai selera kucing. Tidak hanya manusia, namun kucing pun perlu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang agar kucing menjadi sehat dan gemuk.

Sebagai pemilik, kita tidak dapat memaksakan jenis makanan harus dimakan sepenuhnya sebab kucing pun memiliki selera tersendiri. Ingat, makanan terbaik kucing tergantung pada jenis kebutuhan si kucing.

Sebaiknya berikan makanan kucing sesuai umur dan porsi gizi yang dibutuhkan agar kandungan gizi pada makanan dapat terserap optimal pada tubuh kucing.

Jenis Makanan untuk Kucing

Jangan sembarangan pilih makanan untuk kucing kesayangan Anda. Setidaknya, kenali dulu beberapa jenis makanan kucing di bawah ini;

1. Dry Food

Dry food merupakan jenis makanan kering yang terbilang lebih ekonomis dibandingkan jenis makanan kucing lainnya. Dry food terdiri dari aneka ragam bentuk dan varian rasa, seperti ikan tuna, seafood, dan lain lain.

Selain menjadi makanan termurah, makanan dry food dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama hingga beberapa bulan. Harga pun bervariasi, tersedia kemasan dari 600 gram, 800, gram, 1 kilogram, hingga kemasan satu karung.

2. Wet Food

Wet food merupakan makanan basah yang langsung diolah dari daging ikan pilihan berkualitas. Jenis makanan kucing wet food ini tergolong makanan favorit bagi sebagian besar kucing sebab aroma ikan yang khas dapat menggugah selera si kucing.

Makanan basah dapat dikatakan makanan terbaik bagi kucing sebab jika dikonsumsi dapat menyehatkan ginjal dan saluran sistem kemih sebab makanan wet food mengandung komposisi air tambahan. Praktis untuk langsung dimakan.

Setelah wadah dibuka, jangan lupa untuk menyimpan kembali ke dalam kulkas agar makanan tidak mudah berjamur dan muncul berbagai bakteri parasit lainnya.

3. Makanan Mentah

Bagi sebagian pemilik kucing, opsi memberikan makanan mentah dianggap sebagai solusi terbaik. Makanan mentah tersebut berupa daging otot, daging organ, dan tulang dalam keadaan mentah.

Kandungan makanan mentah terdapat tinggi protein, tinggi kelembaban, dan kaya akan zat yang hanya dapat Anda temukan dalam daging mentah, termasuk asam amino, vitamin serta mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kucing.

4. Makanan Protein Rendah

Bagi beberapa kucing lainnya yang memerlukan tindakan medis secara khusus, makanan protein rendah menjadi solusi tepat untuk memperlancar pencernaan kucing.

Umumnya, jenis makanan kucing protein rendah berlaku pada kucing yang tervonis menderita penyakit ginjal kronis agar makanan yang dikonsumsi dapat mengurangi beban kerja pada ginjal. Hal ini dapat menjaga fungsi ginjal dengan lebih optimal melalui mekanisme penyaringan ginjal pada kucing.

Nah itulah ulasan bermanfaat seputar mengetahui jenis makanan kucing. Semoga bermanfaat.

Similar Posts