Makanan Khas Semarang

Saat liburan ke Semarang, jangan sampai Anda hanya sekadar mengunjungi tempat wisatanya saja. Pastikan juga, Anda berburu ragam kuliner khas dari daerah yang berada di tengah Pulau Jawa ini. Cita rasa kulinernya yang khas, dijamin akan bikin Anda ketagihan untuk mencobanya lagi. Satu porsi dipastikan tak akan cukup bagi Anda yang sudah jatuh hati dengan ragam kuliner khasnya ini.

Rekomendasi Kuliner Khas Semarang yang Bikin Gagal Diet

Jangan berencana diet deh kalau misalnya Anda pergi mengunjungi Semarang. Ragam kuliner khas Semarang begitu menggoda, sehingga bisa dipastikan bakal membuat program diet Anda jadi gagal. Malahan, berat badan Anda bisa saja naik sepulangnya dari Semarang, karena nikmatnya makanan khas yang dimilikinya. Berikut adalah 6 kuliner khas Semarang yang wajib untuk disantap.

  1. Garang Asem

Garang Asem Semarang

Garang Asem merupakan kuliner khas Semarang berupa daging ayam berkuahkan santan. Rasa asam dan pedas dari makanan ini berasal dari bumbu hasil campuran belimbing wuluh dan cabai. Hidangan gurih ini makin menggoda selera, karena bau harum yang juga berasal dari daun pisang yang membungkusnya. Garang Asem kerap disajikan dengan nasi hangat, serta tempe dan jeroan goreng

  1. Mie Kopyok

Bagi Anda penggila hidangan berbau mi, jangan sampai melewatkan Mie Kopyok yang merupakan kuliner mii khas Semarang. Dalam sepiring Mie Kopyok, tersaji mi kuning, lontongm tahu, dan taoge yang diiris kecil. Tak lupa juga, irisan cabai ditambahkan supaya menambah cita rasa dari Mie Kopyok ini. Sajian Mie Kopyok dengan kuah yang gurih ini dijamin akan bikin ketagihan.

  1. Tahu Gimbal

Tahu GimbalPerpaduan rasa gurih, pedas, dan manis akan Anda rasakan, jika menyantap jajanan khas Semarang satu ini, Tahu Gimbal. Tahu Gimbal merupakan hidangan berisikan potongan tahu goreng, tempe, gimbal, dan irisan kol, lalu disiram dengan kuah kacang. Gimbal sendiri dalam bahasa setempat berarti udang yang digoreng dengan tepung. Tak hanya lezat, Tahu Gimbal juga sangat murah, loh!

  1. Wedang Tahu

Lagi butuh yang hangat-hangat saat berada di Semarang, coba santap semangkuk Wedang Tahu. Wedang Tahu terbuat dari perpaduan gula jawa, jahe dan kembang tahu berstruktur lembut, yang berasal dari sari kedelai. Selain nikmat, wedang tahu yang bercita rasa manis ini juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan, khususnya bagi para ibu hamil untuk melancarkan produksi ASI.

  1. Nasi Pindang

Jangan salah mengira jika Nasi Pindang khas Semarang ini terbuat dari ikan. Nasi Pindang khas Semarang merupakan sajian nasi yang dipadukan dengan potongan daging sapi. Sajian ini makin terasa gurih dan terasa nikmat, dengan guyuran kuah rempah kluwek dan tambahan daun melinjo. Penampilan Nasi Pindang hampir mirip dengan Rawon, namun kuahnya tak terlalu pekat.

  1. Wingko Babat

Wingko Babat Semarang

Wingko Babat merupakan camilan yang mengenyangkan khas Semarang. Camilan ini terbuat dari perpaduan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Camilan dengan harga yang super murah ini, memiliki ragam varian rasa, di antaranya kelapa mudah dan cokelat. Jajanan yang dibuat dengan bahan-bahan alami ini, juga sangat pas untuk dijadikan sebagai buah tangan sepulang dari Semarang.

Berburu Kuliner Khas Semarang Bermodalkan Tiket Kereta Api

Bagi Anda yang berdomisili di Pulau Jawa, bisa dengan mudah berburu kuliner Semarang dengan hanya bermodalkan tiket kereta api saja. Agar lebih hemat dan praktis, pastikan Anda pesan tiket kereta api via Pegipegi. Jika Anda beli tiket kereta api di Pegipegi, Anda sama sekali tak perlu antre panjang untuk membeli tiket. E-ticket bisa ditukar lewat mesin cetak tiket mandiri di stasiun.

Jika Anda beli tiket kereta di Pegipegi, Anda pun berpeluang mendapatkan promo khusus. Promo seperti potongan harga atau pun voucher belanja bisa Anda dapatkan dengan pesan dan beli tiket kereta api via Pegipegi.  Dengan begini, harga tiket kereta api bisa lebih murah dan perjalanan wisata kuliner Anda ke Semarang tentunya bisa lebih hemat.

Itulah tadi 6 rekomendasi hidangan khas Semarang yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke sana. Berwisata kuliner ke Semarang sama sekali tak mahal kok, apalagi jika Anda ke sana dengan kereta api dan beli tiketnya via Pegipegi. Pemesanan tiket kereta api ke Semarang via Pegipegi dijamin praktis, mudah, dan bertabur promo.

Similar Posts