Menstimulasi Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan dengan 5 Jenis Mainan ini

Mungkin Anda sudah tidak sabar menunggu si kecil mulai bisa menyebutkan kosakata. Sebelum si kecil bisa menyebut ibu dan ayah, maka ia akan mengalami fase perkembangan pembentukan kosakata sederhana. Anda perlu menstimulasi perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan agar ia bisa tumbuh optimal. Bayi usia 3 bulan suka eksplorasi benda sekeliling yang memiliki warna-warna menarik.

Jenis mainan yang bisa diberikan bayi usia 3 bulan

Cara menstimulasi perkembangan bayi usia 3 bulan menuju 4 bulan tidak akan lengkap tanpa mainan pendukung. Pastikan Anda memilih jenis mainan yang aman digunakan agar tidak terjadi risiko buruk yaitu :

1. Mainan gigit

Bayi usia 3 bulan memang suka mengeksplorasi benda di sekitar. Biasanya ia akan mulai suka menyentuh, meraba dan menggigit benda apa saja. Guna melatih kemampuan tangan untuk menggenggam, Anda bisa memberikan mainan gigit atau teether. Jika Anda memberikan mainan gigit, sebaiknya pastikan material terbuat dari bahan yang aman dan selalu bersihkan mainan tersebut.

2. Kerincing

Mainan kerincing atau benda yang bisa menjadi sumber suara saat dipegang dan digerakkan cocok diberikan pada bayi usia 3 bulan. Biarkan anak belajar menggenggam benda kerincing dan mendengar suara yang ditimbulkan. Mainan ini bisa merangsang kemampuan anak mendengar sumber suara tertentu. Selain itu, bayi akan belajar mengetahui sebab akibat bahwa mainan kerincing akan berbunyi saat digerakkan.

3. Mainan gantung

Perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan butuh sesuatu yang bisa merangsang daya penglihatan. Anda bisa membeli mainan gantung dan meletakkan di atas ranjang bayi si kecil. Jika mainan gantung memiliki musik, maka si kecil akan belajar mengenali suara, sedangkan pemilihan mainan gantung warna-warni akan merangsang indera penglihatan. Jika mainan gantung bisa berputar dengan baik, maka bayi Anda akan belajar menggerakkan gerak mata. Manfaat yang sangat beragam, bukan?

4. Baby play gym

Jenis mainan yang digantung di playgym sehingga bayi lebih mudah dalam meraih atau memencet tombol musik. Latihan gerak tangan, merangsang indera pendengaran dan belajar sebab akibat bisa membuat perkembangan buah hati lebih sempurna.

5. Buku warna-warni

Meski bayi Anda masih berusia 3 bulan dan belum memahami isi bacaan, tidak ada salahnya membeli buku dongeng. Pastikan Anda membeli buku dengan ilustrasi menarik yang berwarna-warni. Kebiasaan mendongengkan buku bacaan untuk si kecil akan melatih kemampuan mendengar serta visualisasi mereka sejak dini. Kelak anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih pandai komunikasi dan sosialisasi, lho!

Perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan merupakan momen emas yang harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Menciptakan waktu yang berkualitas bersama buah hati tercinta akan meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak, lho! Nah, sudahkah Anda belanja mainan SNI yang aman untuk si kecil?

Similar Posts