Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat yang Harus Diketahui

Cukup banyak ibu hamil –terutama pada kehamilan pertama, yang bertanya dan cukup cemas mengenai tanda-tanda melahirkan. Bagaimana tanda melahirkan yang sudah dekat? Tentu saja hal ini menjadi perhatian yang cukup penting agar ibu hamil bisa mempersiapkan diri dengan baik menjelang kelahiran si kecil.

Sebenarnya, tubuh nantinya akan memberikan tanda-tanda jika kelahiran akan segera tiba. Namun, tanpa dibekali pengetahuan yang cukup, tentu saja tanda-tanda tersebut tidak akan bisa terbaca dengan maksimal. Lantas, apa saja tanda-tanda waktu kelahiran sudah dekat?

Beberapa Tanda Mau Melahirkan yang Harus Diketahui

Sebenarnya, cukup sulit untuk memprediksi kapan waktu melahirkan akan tiba. Ya, dokter umumnya hanya akan memberikan prediksi mengenai kapan kelahiran akan terjadi. Nah, prediksi tersebut bisa maju ataupun mundur dan tentu hal tersebut sudah banyak terjadi.

Lantas, apa saja tanda-tanda ibu hamil akan segera melahirkan?

  • Posisi bayi berubah turun

Salah satu tanda akan melahirkan yang paling kentara adalah posisi bayi yang berubah turun. Dalam hal ini, sekitar 1 hingga 4 minggu sebelum persalinan dimulai, ibu hamil akan merasakan posisi bayi yang berubah di dalam kandungan.

Posisi bayi berubah dengan kepala yang berada di bagian bawah atau menuju ke mulut rahim. Hal ini dikenal dengan istilah pengenduran. Posisi ini nantinya akan membuat diafragma ibu hamil menjadi lebih lega sehingga ia akan cenderung lebih mudah untuk bernapas.

  • Leher rahim terbuka

Tanda lain dari waktu melahirkan yang sudah dekat adalah terbukanya leher rahim. Kondisi ini umumnya muncul beberapa minggu sebelum masa persalinan tiba. Dalam hal ini, pelebaran leher rahim akan terjadi dengan pergerakan yang lambat. Namun, ketika waktu melahirkan sudah semakin dekat, pelebarannya juga semakin cepat.

Jika salah satu tanda-tanda melahirkan ini muncul, maka dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan. Proses pemeriksaan ini akan menggunakan satuan sentimeter untuk menentukan apakah proses persalinan akan segera bisa dilakukan.

  • Nyeri punggung yang parah

Menjelang hari persalinan, kondisi tubuh ibu hamil akan diuji. Karena beratnya bayi yang dikandung, maka akan muncul nyeri punggung dan juga keram yang bisa dikatakan cukup parah. Kondisi ini tentu saja menyiksa, namun merupakan tanda di mana persalinan akan segera bisa dilakukan.

Nyeri pada punggung muncul karena adanya penyesuaian dalam tubuh. Dalam hal ini, otot dan sendi sedang bergeser dan meregang sebagai salah satu skema alami dari tubuh untuk mempersiapkan kelahiran.

Nah, beberapa poin di atas adalah tanda-tanda melahirkan yang perlu Anda ketahui. Sebagai ibu hamil, jika tanda tersebut sudah muncul, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter lebih intensif. Hal ini penting untuk menjaga kondisi agar senantiasa sehat dan siap untuk persalinan.

Deskripsi: tanda-tanda melahirkan menjadi petunjuk kapan persalinan akan bisa dilakukan. Kenali tanda tersebut untuk persiapan yang tepat.

Similar Posts